معنى التوحيد
الوحدة الأولى
الدرس الأول
معنى التوحيد
Makna Tauhid
الكلمات الجديدة :
Kalimat Baru
شرط
|
Syarat
|
شروط
|
Syarat-Syarat
|
توحيد
|
Tauhid
|
صحّة (صحيح)
|
Sehat
|
إقرار
|
Janji
|
مدبّر
|
Perencana
|
تقليد (محاكاة)
|
Taklid
|
مستحق
|
Yang Berhak
|
خلاف (اختلاف)
|
Menyelisihi
|
تقارب / يتقرب
|
Mendekat
|
رياء
|
Riya’
|
مشايخ
|
Orang Tua
|
مصدر(أصل)
|
Sumber
|
متابعة
|
Mengikuti
|
إنّ الله تعالى خلق
الخلق, ليعبدوه,
ولا يشركوا به شيئا,
ولذا أرسل الرسل, وأنزل الكتب, قال الله تعالى : ﴿وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ
وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ﴾[1]
Sesungguhnya Alloh yang
Maha Tinggi menciptakan makhluk untuk beribadah kepadanya, dan tidak
menyekutukannya dengan selainnya, dan itulah dia mengutus para Rosul, dan
menurunkan Kitab-Kitab, Alloh yang Maha Tinggi berfirman: dan tidaklah aku
ciptakan jin dan manusia selain untuk beribadah.
Dan berkata juga : dan
sembahlah Alloh dan jangan menyekutukannya dengan Selainnya.
فأمر سبحانه وتعالى الخلق بعبادته وحده, وترك ابادة غيثره.
Maka Alloh yang maha
Suci dan Tinggi memerintahkan
أقسام التوحيد:
Pembagian Tauhid
للتوحيد ثلاثة أقسام هي :
Tauhid memiliki tiga
pembagian yaitu:
1_ الإيمان بأنّ
الله هو الخالق الرازق المدبّر الذي يحيي زيميت, وهذا يسمى توحيد الربوبية, لأنّه
إيمان بالرب الذي يفعل ما يريد, وقد أقرّ به المشركون في زمن النبي صلّى الله عليه
وسلم, قال تعالى : ﴿وَلَئِن سَأَلْتَهُم مَّنْ خَلَقَهُمْ لَيَقُولُنَّ اللَّهُ ﴾[3].
1.
Keimanan bahwa sesungguhnya Alloh dialah
pencipta dan pemberi rizqi dan pengatur yang menghidupkan dan mematikan, dan
ini disebut tauhid rububiyyah. Karena sesungguhnya keimanan akan Robb yang melakukan
apa yang dikehendaki, dan sungguh orang-orang musyrik menyetujuinya di zaman
Nabi –semoga Alloh melimpahkan sholawat dan salam atasnya-. Telah berkata Alloh
yang maha Tinggi: dan apabila kamu bertanya pada mereka siapa yang menciptakan
mereka, maka sungguh mereka akan berkata Alloh.
2_ الإقرار بأنّ
الله سبحانه وتعالى هو المستحق للعبادة وحده و يسمّى توحيد الألوهية, و هو الذي
وقع فيه الخلاف بين الأمبياء وبين الذين اتخذوا مع الله آلهة أخرى.
2.
Pengikraran bahwasanya Alloh yang maha Kuasa dan Tinggi adalah yang berhak
untuk diibadahi semata, dan disebut tauhid uluhiyah, dan dia yang menandakan
padanya perbedaan antara para Nabi dan antara yang mengambil bersama Alloh
sesembahan yang lain.
3_
تسمية الله تعالى بأسمائه الحسنى وصفاته الكاملة التي وصف بها نفسه, ووصفه به
رسوله صلّى الله عليه وسلّم في السنّة, ويسمّى توحيد الأسماء والصفات.
Penamaan
Alloh yang maha Tinggi dengan nama-namanya yang indah dan mensifatinya dengan
kata-kata yang Alloh mensifati dirinya sendiri, dan Rosulnya- semoga Alloh melimpahkan
sholawat dan salam atasnya- mensifatinya dalam As-Sunnah, dan disebut tauhid
asma dan sifat.
شورط صحّة العقيدة:
Syarat-Syarat Baiknya ‘Aqidah
لا تكون العقيدة صحيحة إلا بشرطين:
Tidak baiknya aqidah
kecuali dengan dua syarat:
أوّلهما : المتابعة : والمقصود بها أن يكون كتاب
الله وسنّة رسوله صلّى الله عليه وسلّم هما مصدر عقيدة المسلم, فلا تكوت العقيدة
تقليدا لمن يحسن بهم الظنّ من الآباء والمشايخ.
Pertama: Pengikutan :
Maksudnya adalah menjadikan Kitabbulloh dan Sunnah Rosulnya - semoga Alloh melimpahkan
sholawat dan salam atasnya- keduanya sebagai sumber aqidah muslim, dan aqidah tidak
menjadikan taklid pada siapa yang menganggap
baik atasnya prasangka dari nenek moyang dan orang tua.
Kedua: Memurnikan
kepada Alloh yang maha Tinggi dalam seluruh perbuatan dan meninggalkan riya dan
nifak.
وهذان الشرطان : المتابعة
و الإخلاص, يشرطان في كلّى عمل من أالأعمال الصالحة التي يتقرب بها المسلم إلى ربّه
وخالقه.
Dan kedua syarat ini:
Pengikutan dan Pemurnian, disyaratkan pada setiap amal dari perbuatan-perbutan
sholeh yang dengannya muslim mendekatkan diri pada Robbnya dan penciptanya.
Sumber:
التوحيد - سلسلة تعليم اللغة العربية - المتوى الثالث
Kitab Ini dipakai untuk pembelajaran Sem-II di Takhosus
Radio Rodja Cab. Masjid As-Sunnah Bintaro.
dan diajarkan kepada kami pada tanggal 24 Safar 1434 H atau 6 Januari 2013 oleh Ustad Aef Syaifulloh.
dan diajarkan kepada kami pada tanggal 24 Safar 1434 H atau 6 Januari 2013 oleh Ustad Aef Syaifulloh.
Surat Adz-Dzariyaatu Ayat 56
Surat An-Nisa Ayat 36
Surat Az-Zukhruf Ayat 78
Riya: Seseorang melakukan perbuatan untuk dilihat manusia, dan perbuatan
disebut menyembunyikan.
Nifak : Menampakan Keimanan dan menyembunyikan kekafiran, dan perbuatannya
disebut nifak.
0 Response to "معنى التوحيد"
Post a Comment