Termasuk Sunnah adalah Mengetahui Keutamaan Abu Bakr dan ‘Umar
حَدَّثَنَا أَبُو
سَعِيدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُطَيَّنٌ الْكُوفِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُصَرِّفُ
بْنُ عَمْرٍو، قَالَ: حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ بُكَيْرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ
إِسْحَاقَ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا جَعْفَرٍ يَقُولُ: " مَنْ جَهِلَ فَضْلَ
أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فَقَدْ جَهِلَ السُّنَّةَ
"
Telah menceritakan kepada
kami Abu Sa’iid, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Muthayyin
Al-Kuufiy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Musharrif bin ‘Amru, ia
berkata : Telah menceritakan kepada kami Yuunus bin Bukair, dari Muhammad bin
Ishaaq, ia berkata : Aku mendengar Abu Ja’far berkata : “Barangsiapa yang bodoh
terhadap keutamaan Abu Bakr dan ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa, sungguh ia telah
bodoh terhadap sunnah” [Asy-Syarii’ah 3/417 no. 1863].
Sanad riwayat ini hasan.
Berikut keterangan para perawinya :
1. Ahmad bin Muhammad bin Ziyaad, Abu Sa’iid bin
Al-A’raabiy; seorang yang tsiqah lagi haafidh. Wafat tahun 340 H
[Lisaanul-Miizaan, 1/670-672 no. 857].
2. Muhammad bin ‘Abdillah bin Sulaimaan
Al-Hadlramiy Al-Haafidh, terkenal dengan nama Muthayyin; seorang yang tsiqah
lagi haafidh. Termasuk thabaqah ke-12, dan wafat tahun 277 H [Lisaanul-Miizaan,
7/257-259 no. 7021].
4. Yuunus bin Bukair bin Waashil
Asy-Syaibaaniy, Abu Bakr/Abu Bukair Al-Jammaal Al-Kuufiy; seorang yang
shaduuq.[1] Termasuk thabaqah ke-9, dan wafat tahun 199 H. Dipakai oleh
Al-Bukhaariy secara mu’allaq, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, dan Ibnu Maajah
[Taqriibut-Tahdziib hal. 1098 no. 7957, Tahriirut-Taqriib 4/138-139 no. 7900,
dan man Tukullima fiihi wa Huwa Muwatstsaqun au Shaalihul-Hadiits hal. 561-562
no. 392].
5. Muhammad bin Ishaaq bin Yasaar Al-Madaniy,
Abu Bakr/Abu ‘Abdilah Al-Qurasyiy; seorang yang shaduuq, namun sering melakukan
tadliis. Termasuk thabaqah ke-5, dan wafat tahun 150 H atau setelahnya. Dipakai
oleh Al-Bukhaariy secara mu’allaq, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 825 no. 5762].
6. Muhammad bin ‘Aliy bin Al-Husain bin ‘Aliy
bin Abi Thaalib Al-Qurasyiy Al-Haasyimiy Al-Madaniy, Abu Ja’far Al-Baaqir;
seorang yang tsiqah lagi mempunyai keutamaan. Termasuk thabaqah ke-4, dan wafat
tahun 114 H/115 H/116 H/117 H/118 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu
Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal.
1412 no. 6191].
Beliau rahimahullah dianggap orang-orang
Syi’ah Raafidlah sebagai salah satu di antara imam-imam mereka.
Musharrif bin ‘Amru
mempunyai mutaba’ah dari
1. ‘Uqbah bin Mukram, sebagaimana diriwayatkan oleh Ad-Daaruquthniy[2]
dalam Fadlaailush-Shahaabah hal. 59-60 no. 37, Abu Nu’aim[3] dalam
Hilyatul-Auliyaa’ 3/185, Al-Ashbahaaniy[4] dalam Al-Hujjaah 2/350, dan
Adl-Dliyaa’[5] dalam An-Nahyu no. 18 dengan sanad hasan.
‘Uqbah bin Mukram bin ‘Uqbah bin Mukram
Adl-Dlabbiy Al-Hilaaliy, Abu Mukram Al-Kuufiy; seorang yang shaduuq. Termasuk
thabaqah ke-10, dan wafat tahun 234 H [Taqriibut-Tahdziib, hal. 685 no. 4686].
2. ‘Abdurrahmaan bin Shaalih Al-Azdiy, sebagaimana diriwayatkan oleh
‘Abdullah bin Ahmad[6] dalam Zawaaid Fadlaailish-Shahaabah no. 108. Hanya saja
jalan riwayat ini menyebutkan : Telah menceritakan kepadaku ‘Abdurrahmaan bin
Shaalih, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Yuunus bin Bukair dan
Muhammad bin Ishaaq, dari Abu Ja’far. ‘Abdurrahmaan bin Shaalih telah keliru
dalam periwayatan ketika menyebutkan ‘dan Muhammad bin Ishaaq’. Yang benar :
‘dari Muhammad bin Ishaaq’. Sanad riwayat ini hasan.
‘Abdurrahmaan bin Shaalih Al-Azdiy
Al-‘Atakiy, Abu Shaalih/Abu Muhammad Al-kuufiy; seorang yang shaduuq. Termasuk
thabaqah ke-10, dan wafat tahun 235 H. Dipakai oleh An-Nasaa’iy
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 582 no. 3923].
Diriwayatkan oleh juga Al-Laalikaa’iy[7]
dalam Syarh Ushuulil-I’tiqaad no. 2324 dari jalan ‘Abdul-‘Aziiz bin
Al-Khaththaab dari Yuunus bin Bukair, namun tanpa menyebutkan perantara
Muhammad bin Ishaaq antara Yuunus bin Bukair dengan Abu Ja’far Muhammad bin
‘Aliy. Yang benar adalah adanya perantara Muhammad bin Ishaaq sebagaimana
riwayat sebelumnya. Riwayat sebelumnya memperbaiki sanad riwayat ini.
‘Abdul-‘Aziiz bin
Al-Khaththaab Al-Kuufiy, Abul-Hasan; seorang yang shaduuq.[8] Termasuk thabaqah
ke-10, dan wafat tahun 224 H. Dipakai oleh oleh An-Nasaa’iy dalam Khashaaish
‘Aliy dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 611 no. 4118].
Walhasil, secara
keseluruhan riwayat ini hasan.
Faedah :
1. Ahlul-Bait Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah orang-orang yang
mencintai Abu Bakr dan ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa. Mereka (Ahlul-bait)
senantiasa menghormati, mendoakan rahmat dan ampunan kepada Abu Bakr dan ‘Umar.
Bahkan, mereka memusuhi dan berlepas diri dari orang-orang yang memusuhi dan
berlepas diri dari mereka berdua.[9]
2. Mengetahui keutamaan Abu Bakr dan ‘Umar dan sekaligus mencintai mereka
berdua merupakan bagian dari sunnah. Jika dimutlakkan kata ‘sunnah’, maka yang
dimaksud adalah sunnah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
3. Syi’ah Raafidlah telah berlepas diri dari agama Ahlul-bait, para
shahabat, dan kaum muslimin secara umum dengan caci maki dan pengkafiran mereka
terhadap Abu Bakr dan ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa.
4. Ahlus-Sunnah adalah syi’ah (pembela) Ahlul-Bait hakiki pada garda
terdepan dibandingkan kaum yang mengaku diri Syi’ah (‘Aliy) namun malah
mengkhianati agama Ahlul-Bait.
Wallaahu a’lam
bish-shawwaab.
Semoga ada manfaatnya.
[abul-jauzaa’ – perumahan
ciomas permai, ciapus, ciomas, bogor – 22041434/03032013 – 23:16].
[1] Yahyaa bin Ma’in dalam riwayat Ad-Duuriy berkata : “Tsiqah”. Dalam lain
riwayat : “Seorang yang jujur (shaduuq), namun tunduk pada sulthan. Ia juga
seorang Murji’ (penganut Murji’ah)”. Abu Zur’ah pernah ditanya tentang hal yang
diingkari darinya (Yuunus), lalu ia menjawab : “Adapun dalam hadits, aku tidak
mengetahuinya”. Abu Haatim berkata : “Tempat kejujuran”. Muhammad bin ‘Abdillah
bin Numair berkata : “Tsiqah”. ‘Ubaid bin Ya’iisy berkata : “Tsiqah’. Ibnu
‘Ammaar berkata : “Dia sekarang ini seorang yang tsiqah menurut ahli hadits”.
Al-Juzjaaniy berkata : “Selayaknya untuk menetapkan dalam perkaranya”.
As-Saajiy berkata : “Ibnu Al-Madiiniy tidak meriwayatkan hadits darinya, dan ia
di kalangan mereka termasuk ahlush-shidq”. Ibnu Syaahiin berkata : “Tsiqah,
namun ia berpemahaman tasyayyu’”. Ahmad bin Hanbal berkata : “Aku menulis
(hadits) darinya”. Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam kitab Ats-Tsiqaat.
Abu Dawud berkata : “Ia bukan hujjah di
sisiku. Ia telah mengambil perkataan Ibnu Ishaaq, lalu menyambungkannya dengan
hadits-hadits”. An-Nasa’iy berkata : “Tidak kuat”. Al-‘Ijilliy berkata :
“Dla’iiful-hadiits”. Ibnu Abi Syaibah berkata : “Fiihi layyin”. Adz-Dzahabiy
berkata : “Shaduuq”. Di lain tempat ia berkata : “Hasanul-hadiits”. Ibnu Hajar
berkata : “Jujur, terkadang salah” [selengkapnya, silakan lihat
Tahdziibul-Kamaal 32/493-497, Tahdziibut-Tahdziib 11/434-436 no. 844, dan
Ma’rifatuts-Tsiqaat lil-‘Ijilliy 2/377].
Melihat beberapa perkataan para imam jarh
dan ta’dil di atas, maka perkataan yang benar atas diri Yuunus bin Bukair adalah
shaduuq. Sedikit kelemahan padanya tidak menurunkan dari derajat hasan.
Mayoritas jarh yang dialamatkan kepadanya yang berkaitan dengan periwayatan
adalah jenis jarh ringan. Jarh dalam
bid’ah tasyayyu’ dan irja’ tidak memudlaratkan haditsnya, karena ia seorang
yang jujur dan tidak membawakan hadits yang menguatkan bid’ahnya. Wallaahu
a’lam.
[2] Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ
الْفَضْلِ، بِمِصْرَ قَالَ: نَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ شَرِيكٍ، قَالَ: نَا عُقْبَةُ
بْنُ مُكْرَمٍ، قَالَ: نَا يُونُسُ بْنُ بُكَيْرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ،
عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ، قَالَ: " مَنْ لَمْ يَعْرِفْ
فَضْلَ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فَقَدْ جَهِلَ السُّنَّةَ
"
[3] Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ حُبَيْشٍ،
حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ شَرِيكٍ، حَدَّثَنَا عُقْبَةُ بْنُ مُكْرَمٍ،
حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ بُكَيْرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ، عَنْ أَبِي
جَعْفَرٍ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ، قَالَ: " مَنْ لَمْ يَعْرِفْ فَضْلَ أَبِي
بَكْرٍ، وَعُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فَقَدْ جَهِلَ السُّنَّةَ
"
[4] Riwayatnya adalah :
أَخْبَرَنَا أَبُو المظفر، حَدَّثَنَا ابن
المأمون، حَدَّثَنَا الدارقطني، حَدَّثَنَا علي ابن عبد الله بن الفضل بمصر،
حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيم بن شريك، حَدَّثَنَا عقبة ابن مكرم، حَدَّثَنَا يونس بن
بكير، عن مُحَمَّد بن إسحاق، عن أَبِي جعفر مُحَمَّد ابن عَلَى قَالَ: من لم يعرف
فضل أَبِي بكر، وعمر، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، فقد جهل السنة.
[5] Riwayatnya adalah :
وَبِهِ ثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ
بْنُ عَلِيِّ بْنِ حُبَيْشٍ، ثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ شَرِيكٍ، ثَنَا عُقْبَةُ
بْنُ مُكْرَمٍ، ثَنَا يُونُسُ بْنُ بُكَيْرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ، عَنْ
أَبِي جَعْفَرٍ، قَالَ: " مَنْ لَمْ يَعْرِفْ فَضْلَ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فَقَدْ جَهِلَ السُّنَّةَ "
[6] Riwayatnya adalah :
حَدَّثَنَا عبد الله، قَالَ: حَدَّثَنِي عَبْدُ
الرَّحْمَنِ بْنُ صَالِحٍ، قثنا يُونُسُ بْنُ بُكَيْرٍ، وَمُحَمَّدُ بْنُ
إِسْحَاقَ، عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ، قَالَ: " مَنْ جَهِلَ فَضْلَ أَبِي بَكْرٍ
وَعُمَرَ فَقَدْ جَهِلَ السُّنَّةَ "
[7] Riwayatnya adalah :
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رِزْقِ اللَّهِ،
قَالَ: أنا أَحْمَدُ بْنُ عِيسَى، قَالَ: نا أَبُو مُسْلِمٍ، قَالَ: نا عَبْدُ
الْعَزِيزِ بْنُ الْخَطَّابِ، قَالَ: حَدَّثَنِي يُونُسُ بْنُ بُكَيْرٍ، عَنْ أَبِي
جَعْفَرٍ يَعْنِي مُحَمَّدَ بْنَ عَلِيِّ بْنِ الْحَسَنِ " مَنْ جَهِلَ
فَضْلَ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ، فَقَدْ جَهِلَ السُّنَّةَ
[8] Abu Haatim berkata : “Shaduuq”. Ya’quub bin Syaibah berkata : “Tsiqah
lagi shaduuq”. An-Nasaa’iy berkata :
“Tsiqah” [selengkapnya lihat : Tahdziibul-Kamaal 18/126-128 no. 3441].
Adz-Dzahabiy berkata : “Tsiqah” [Al-Kaasyif, 1/655 no. 3382].
Kesimpulannya : ia seorang yang tsiqah.
[9] Baca artikel :
0 Response to "Termasuk Sunnah adalah Mengetahui Keutamaan Abu Bakr dan ‘Umar"
Post a Comment