Cara Impor Data eFaktur Keluaran yang Gagal
Aplikasi baru, gairah baru dan masalah baru.
Itulah hal yang jamak terjadi,
pun dengan aplikasi efaktur yang sudah 7 bulan ini berjalan. Bukan tanpa
solusi, selama ini semua masalah dapat diatasi, hanya tentu membutuhkan usaha
lebih dan kesabaran ekstra.
Pernah ada kasus Faktur Pajak Keluaran yang telah dibuat dan telah
disetujui (approve) DJP tidak muncul pada tampilan administrasi faktur keluaran.
Dari 3 FK yang telah disetujui tersebut, hanya 1 yang muncul. Ketika hendak
diinput ulang dengan nomor faktur yang sama, tidak bisa, karena faktur tersebut
telah digunakan.
Karena menyakini FK telah disetujui dan telah memiliki Faktur Keluaran
yang sah yang ditunjukan dengan adanya “barcode” penanda. Maka, mintalah data efaktur keluaran ke KPP
Pratama, bagian pelayanan untuk 2 FK yang tidak muncul. Setelah data efaktur
didapat, dilakukan proses impor.. dan Ups... FK gagal import..
Cek log, nomor FK sudah terdaftar.
Cek Administrasi FK, refresh, tetap yang muncul hanya 1 FK.
Bagaimana ini, padahal mau dilaporkan ke KPP...
Usut punya usut pada waktu pembuatan FK dulu, Wajib Pajak sempat melakukan
perubahan USER ID efaktur berkali kali. 2 FK yang tidak muncul tersebut
merupakan hasil dr penginputan data dengan USER ID lain.
Lantas, bagaimana cara mengatasi FK yang tidak muncul tersebut?
1. Lakukan ekspor FK untuk masa/tahun pajak yang diinginkan sehingga diperoleh
.csv eskpor FK
2.
Lakukan pembuatan Database baru
a.
Pilih Menu “File”, kemudian pillih “administrasi Db”
b.
Buat database Etaxinvoice dengan mengetikan “nama DB” di kolom yang
disediakan dan klik “buat database”
c.
Setelah Db baru berhasil dibuat,
pilih db baru tersebut pada daftar dan klik “Konek ke Database”
3.
Selanjutnya lakukan Impor FK pada menu Administrasi Faktur Keluaran.
4.
Cek daftar Faktur Keluaran pada administrasi Faktur Keluaran.
5.
Berhasilkan?
Setelah FK muncul, lakukan
langkah seperti pelaporan seperti biasa.
Dan Selamat Mencoba.
ngga
ReplyDeleteGa fungsi!
ReplyDelete